Rabu, 19 September 2012

TOYOTA NOAH


Toyota Noah ditenggarai menjadi Multi Purpose Vehivle (MPV) terbaru yang bakal dipasarkan oleh Toyota Astra Motor (TAM). Mobil keluarga tujuh penumpang dengan desain boxy diplot untuk melawan Nissan Serena.


"Kami memang tengah melakukan study untuk memasarkan Noah di Indonesia," kata Joko Trisanyoto, Direktur Marketing Toyota Astra Motor, Selasa 11 September 2012.

Kalaupun nanti dipasarkan, kata Joko, jumlah unit Toyota Noah tidak terlalu banyak. "Pasar mobil ini cukup sempit, makanya kami terus mempelajarinya. Noah segmennya ada di bawah Alphard dan Innova," ujarnya.

Menurut Joko, segmen MPV masih mendominasi pasar mobil nasional alias tipe mobil penumpang terlaris saat ini. "Untuk MPV sebanyak 40 persen, kemudian SUV 11 persen, kompak 11 persen, sedan di bawah 5 persen, dan sisanya tipe lain," kata Joko.

Maka tak heran kalau TAM ingin  memperkuat line up MPV mereka. Toyota Noah bakal menjadi penantang Nissan Serena dan Mazda Biante--yang akan diluncurkan pada IIMS 2012. Keduanya menggunakan basis yang sama dengan perbedaan di fitur.

Baik Noah, Serena, maupun Biante sama dibekali mesin berkapasitas 2.0-liter. Desainnya juga memiliki kemiripan yakni bergaya boxy dengan atap tinggi.

Untuk harga kemungkinan besar bakal menggunakan skema IJEPA (Indonesia-Japan Economic Partnership Agreement), yang membuat harga Noah menjadi lebih kompetitif. Dengan begitu persaingan luxury MPV akan semakin ketat dan memanas. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar